Pengertian Hosting : Apasih Hosting Itu?

Pengertian Hosting : Apasih Hosting Itu?

250
0
pengertian-web-hosting

Pengertian Hosting. Sederhananya, Hosting merupakan sebuah space atau tempat penyimpanan data sebuah blog atau website di internet yang memungkinkan data tersebut diakses secara online dan dilihat oleh semua orang dari seluruh penjuru dunia.

Penjelasan lebih lanjut bisa diumpamakan seperti ini. Jika Anda ingin membangun sebuah usaha, maka Anda membutuhkan sebuah lapak untuk usaha Anda tersebut, bukan? Katakanlah lapak tersebut berupa Ruko yang mempunyai space atau ukuran ruangan yang variatif ada yang ukurannya 5×5? ?2, 10×5? ?2, dan seterusnya.

Jasa Pembuatan Web Murah
Miliki website profesional untuk bisnis anda, Mobile & SEO Friendly
http://riauwebdesign.com

Informasi & Peluang Bisnis UKM Riau
Info Peluang Usaha & Promosi Usaha UKM, Iklankan Usaha anda di UKM Riau, Tertarget!
http://ukmriau.com

Situs Iklan Gratis Pekanbaru
Pasang Iklan Usaha anda saat ini juga di riauniaga.com, GRATIS 100%
http://raiuniaga.com

Portal Berita Riau
Dapatkan informasi dan berita terupdate untuk daerah Riau dan sekitarnya, Terpercaya dan Tedepan!
http://berita.riauniaga.com

Ads by Fullblogging

Begitu pula dengan hosting di internet. Ada beragam varian space berbeda yang dapat Anda pilih: 500MB, 1GB, bahkan space yang jauh lebih besar. Namun yang pasti, berapapun space-nya pasti suatu saat akan menjadi kendala jika Anda membeli hosting yang space-nya dibatasi. Alangkah baiknya anda memilih sebuah layanan hosting yang Unlimited dimana Anda bisa dengan bebas meng-upload konten website Anda baik itu berupa gambar, video maupun jenis file lain tanpa harus takut kehabisan ruang atau space tersebut.

Hosting adalah layanan berbasis internet sebagai tempat penyimpanan data atau tempat menjalankan aplikasi ditempat terpusat yang disebut dengan server dan dapat diakses melalui jaringan internet. Jenis penggunaannya bermacam-macam berdasarkan kebutuhan, mulai dari hosting untuk: Web (untuk penyimpanan dan aplikasi website melalui port http), Email (untuk pusat data email), FTP (untuk file transfer) sampai VPN.

#Baca juga :   Pengertian Domain : Apa sih Domain Itu?

Dibangun diatas server atau komputer berkapasitas besar dan handal yang disimpan di pusat data, dilengkapi dengan sistem pendingin dan perangkat yang mampu bekerja secara terus menerus selama 24 jam setiap harinya. Server ini juga dilengkapi dengan koneksi internet berkecepatan tinggi agar bisa memproses semua permintaan data dari klien.

Pada mulanya, hanya orang-orang tertentu yang bisa memiliki ini, karena terkait dengan keahlian dan biaya. Saat ini sudah banyak layanan hosting yang memberikan harga terjangkau. Biaya yang sangat terjangkau, serta perkembangan dunia internet yang sangat pesat, saat ini semakin mudah untuk dimiliki oleh semua orang dalam berbagai pilihan.

Jenis Atau Macam – Macam Server Hosting

1. Share Hosting

Share Hosting merupakan sebuah server hosting yang dapat digunakan secara bersama-sama atau disebut juga di sharing, di dalam server ini biasanya terdapat beberapa nama domain dengan kepemilikan yang berbeda – beda pula, yang membedakan dari penggunaan server ini adalah account penggunanya yang memiliki username dan password yang berbeda, biaya untuk menyewa server hosting ini sangatlah murah dibandingan dengan jenis server yang lainya, jadi untuk sobat yang masih pemula sangatlah cocok untuk menyewa server hosting yang satu ini.

#Baca juga :   Pengertian Domain : Apa sih Domain Itu?

2. Virtual Private Server ( VPS )

VPS biasanya disebut juga dengan nama Virtual Dedicated Server yang merupakan sebuah server yang dibagi – bagi menjadi sebuah virtual mesin, jadi dalam satu komputer server terdapat beberapa sistem operasi server, tentunya secara kepemilikan antara sistem operasi satu dengan yang lainnya berbeda. untuk menyewa server hosting jenis ini lebih mahal dari pada sobat menyewa share hosting, tetapi dari segi kualitas layanan keleluasaan penggunaanya lebih baik dibandingkan dengan shere hosting.

3. Dedicated Server

Server yang satu ini biasanya digunakan untuk penyimpanan aplikasi yang lebih besar dari pada Share Hosting maupun VPS, jadi pengguna menyewa secara keseluruhan dari komputer server yang disediakan oleh webhost. keleluasaan dalam menggunakan komputer server ini lebih penuh, baik dari segi hardware maupun software.

4. Reseller hosting

Reseller hosting adalah hosting yang dapat menampung beberapa domain. Jadi hanya dengan menggunakan 1 hosting maka dapat memiliki beberapa domain sekaligus. biaya untuk menggunakan hosting ini tergantung brapa besar bandwith yang anda inginkan

Anda membutuhkan layanan hosting yang handal dan mantap dalam pelayanan, alangkah baiknya anda baca dulu artikel berikut :

Hosting Terbaik dan Hosting Murah Indonesia

Semoga Bermanfaat

 

TINGGALKAN KOMENTAR