Inilah CMS (Content Management System) Terbaik di Dunia

Inilah CMS (Content Management System) Terbaik di Dunia

231
0
cms-terbaik-didunia

Inilah CMS (Content Management System) Terbaik di DuniaCMS merupakan kepanjangan dari Content Management System yang berfungsi sebagai pengaturan konten dalam suatu sistem atau lebih mudahnya adalah suatu software untuk membuat sebuah website baik itu company profile, e-commerce, blog, forum, dan lainnya. Jadi dengan menggunakan CMS seorang yang bukan dengan latar belakang IT dapat membuat website dengan mudah jika menggunakan CMS ini.

Pengertian mengenai CMS (Content Management System) mengutip arti dari Wikipedia adalah :

Jasa Pembuatan Web Murah
Miliki website profesional untuk bisnis anda, Mobile & SEO Friendly
http://riauwebdesign.com

Informasi & Peluang Bisnis UKM Riau
Info Peluang Usaha & Promosi Usaha UKM, Iklankan Usaha anda di UKM Riau, Tertarget!
http://ukmriau.com

Situs Iklan Gratis Pekanbaru
Pasang Iklan Usaha anda saat ini juga di riauniaga.com, GRATIS 100%
http://raiuniaga.com

Portal Berita Riau
Dapatkan informasi dan berita terupdate untuk daerah Riau dan sekitarnya, Terpercaya dan Tedepan!
http://berita.riauniaga.com

Ads by Fullblogging

Sistem manajemen konten (Inggris: content management system, disingkat CMS), adalah perangkat lunak yang digunakan untuk menambahkan atau memanipulasi (mengubah) isi dari suatu situs web. Umumnya, sebuah CMS (Content Management System) terdiri dari dua elemen:
1. Aplikasi manajemen isi (Content Management Application, CMA)
2. Aplikasi pengiriman isi (Content Delivery Application, CDA)

Di dunia telah beredar puluhan bahkan ratusan CMS, dan berikut ini adalah CMS Terbaik di dunia :

1. WordPress.org

wordpressCMS terbaik pertama menurut para pakar website adalah wordpress. WordPress merupakan opensource yang dikembangkan dengan bahasa PHP dan mendukung Mysql. Berawal dari sebuah blogger yang jika anda pernah nge-blog dengan wordpress pastinya link anda akan menggunakan subdomain .wordpress.com. Beranjak dari sana wordpress semakin berkembang dan membuat CMS tersendiri yang bisa anda download di wordpress.org dan bisa mengupload folder wordpress di hosting manapun yang mendukung PHP.

Dari segi pengelolaan halaman admin, wordpress merupakan CMS yang simple dan mudah digunakan oleh pemula sekalipun. Bagian terbaiknya adalah sangat banyak penyedia template dan plugin pendukung untuk mempercantik tampilan dan fungsionalitas dari web anda.

Anda mungkin sudah tak asing lagi ketika mendengar kata wordpress. WordPress merupakan CMS yang paling banyak digunakan oleh para web developer. Ada 2 (dua) wordpress yang memiliki fungsi dan fitur berbeda:

#Baca juga :   Cara Mudah Membuat Website Multisite Wordpress

a. WordPress.com yang digunakan untuk membuat weblog gratis.
b. WordPress.org yang digunakan untuk menginstall dan menggunakan fitur-fitur didalamnya demi membuat sebuah situs yang lebih profesional dengan penyimpanan database (hosting) tersendiri.

Situs-situs besar seperti CNN dan The New York Times menggunakan WordPress sebagai platform CMS website mereka.

2. Joomla

Joomla-LogoMerupakan CMS terbaik menurut saya setelah wordpress, saat dulu saya pelajari joomla, dia memberikan tampilan yang menurut saya lebih menarik dibandingkan wordpress, namun bagi pemula mungkin aka sedikit kebingungan dan harus membaca dokumentasi yang telah banyak disediakan secara official maupun ulasan dari para pengguna dan pecinta dari CMS ini.

Sama seperti WordPress Joomla adalah CMS yang bersifat open source dan ditulis dengan kode program PHP dengan dukungan dtaabse MySQL. Sifatnya yang gratis dan didukung oleh template dan modul yang banyak tersedia membuat joomla mempunyai banyak peminat.

3. Drupal

drupalDrupal merupakan CMS yang dibangun dan dirancang oleh Dries Buytaert, launching perdana Drupal pada Januari 2001 dan didistribusikan di bawah lisensi GPL.

Drupal dibuat dengan bahasa pemrograman PHP dan dapat dipasang pada beberapa jenis database seperti MySQL, PostgreSQL, SQLite, MariaDB, dan juga MsSQL. Web server yang mendukung diantaranya Apache, Nginx, IIS yang berjalan pada sistem operasi Cross-platform seperti Microsoft Windows, Mac OS X, Linux, dan FreeBSD.

Beberapa kelebihan CMS Drupal dalam membangun sebuah website adalah sebagai berikut:
a. Portal Web Komunitas
b. Forum Diskusi
c. Website Perusahaan
d. Aplikasi Internal
e. Website Personal atau Blog
f. Aplikasi Komersial E-commerce
g. Kumpulan Sumber Informasi
h. Situs Jaringan Sosial
i. Jaringan intranet
j. Surat Kabar (Newsletter)
k. Galeri multimedia Multimedia

Untuk di Indonesia sendiri, mungkin peminat Drupal tidak sebanyak WordPress maupun Joomla. Apalagi Anda harus menguasai bahasa Inggris untuk mempelajari tutorialnya di forum-forum internet mengenai CMS Drupal.

#Baca juga :   Jasa pembuatan Website Medan

4. Concrete5

Concrete5Concrete5 mungkin bagi anda yang belum terlalu mengenal dan mendalami CMS akan terdengar asing untuk CMS yang satu ini, hal ini dapat dimaklumi karena CMS yang populer di Indonesia yang di dominasi oleh 3 CMS diatas.

Concrete5 adalah sebuah sistem manajemen konten (CMS) dengan sistem pendukung yang baik karena merupakan open source dan bebas untuk digunakan.

Tapi tidak usah kuatir, concrete5 tidak kalah baiknya dengan wordpress, joomla, ataupun drupal. Concrete5 dirancang untuk kemudahan penggunaan, khususnya untuk pengguna dengan keterampilan teknis minimal. Concrete5 ditulis dengan kode PHP dan dirilis dibawah lisensi MIT Lisensi software. Dengan concrete5, Anda akan dapat memulai sebuah situs konten yang sederhana dan mudah digunakan untuk berbagi informasi.

5. SilverStripe

silverstripe-logoSeperti halnya Concrete5, Silverstrip juga mungkin jarang anda dengar. Namun menurut saya anda dapat menggunakan dengan baik CMS yang satu ini dikarenakan tampilannya yang sederhana dan navigasinya yang mudah dimengerti.

Pastinya sama dengan CMS lain yaitu besifat Opensource yang dikembangkan dengan bahasa PHP. Terdapat banyak komunitas dan dokumentasi yang dapat membantu anda dalam melakukan konfigurasi serta penambahan yang dibutuhkan dalam web anda.

Masih banyak CMS yang bertebaran di dunia internet ini, tapi menurut kami 5 CMS tersebutlah yang sudah terbukti dengan banyaknya situs-situs besar yang menggunakannya 🙂

Anda membutuhkan jasa website profesional? kami menyediakan layanan profesional dan unggul yang memenuhi semua kriteria web profesional. Kami pun memberikan layanan konsultasi untuk Anda sebelum Anda benar-benar memutuskan untuk menggunakan layanan kami. Anda tidak akan rugi! Anda bisa berkonsultasi gratis mengenai layanan pembuatan website profesional dengan tim ahli kami.

Apapun CMS dambaan anda, kami siap mengapilaksikannya menjadi website yang benar-benar profesional dan full custom 🙂

TINGGALKAN KOMENTAR